190001_sawahpadiJakarta -Kementerian Pertanian (Kementan) mendapatkan komitmen tambahan lahan untuk tanaman pangan dan tebu seluas 1 juta hektar. Tambahan lahan tersebut berasal dari lahan hutan, untuk perkebunan tebu dan tanaman pangan lainnya.

“Kemarin kita sudah bahas dengan Pak Menteri Pertanian. Jadi Kementan membutuhkan tambahan lapangan, beliau minta untuk 500.000 hektar untuk lahan tebu dan 500.000 hektar untuk tanaman pangan,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (9/1/2015).

Menurutnya permintaan lahan kehutanan untuk sektor pertanian tentunya harus memenuhi berbagai persyaratan salah satunya lahan hutan yang digunakan cocok untuk lahan tebu dan tanaman pangan.

“Setelah kita telusuri, bisa dicari lahannya dan ada, seperti di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat tanahnya cocok untuk tanaman pangan, kemudian di Sulawesi lahannya cocok untuk tebu. Kita sedang identifikasi dan kelihatannya bisa. Sudah ada lahannya di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kementerian Pertanian menargetkan dalam tiga tahun Indonesia bisa swasembada pangan. Untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya yang dibutuhkan adalah tambahan lahan baru.

Sore ini, Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengumpulkan para pemangku kepentingan berbagai sektor mulai dari pengusaha air minum, listrik, pertanian dan banyak lagi untuk membahas pemanfaatan Sumber Daya Air (SDA).

“Kita ini rapat pleno Dewan Sumber Daya Air Nasional, di sini banyak sekali stakeholder yang berkepentingan. Kita fokus pada pemanfaatan air untuk kepentingan nasional mulai dari kedaulatan pangan dan kedaulatan energi,” ujar Sofyan.

Di tempat yang sama, Menteri PU Pera Basuki Hadimuljono, dalam rapat dibahas bagaimana pengelolaan sumber daya air secara nasional.

“Di mana tahun ini kita fokus mewujudkan ketahanan air berbasis konservasi Sumber Daya Air. Karena dari evaluasi Dewan SDA, program pemerintah ke depan untuk kedaulatan pangan dan energi dapat diwujudkan apabila ketahanan airnya bagus. Untuk mewujudkan ketahan air tersebut maka dibangunlah DAM, 49 waduk dan sebagainya,” ujar Sofyan.

sumber: http://finance.detik.com/read/2015/01/09/185902/2799237/4/menteri-kehutanan-siapkan-1-juta-hektar-lahan-baru-pertanian?f9911023

Iklan